Oleh: abenksuka | Juni 4, 2011

Ringkasan Kajian Bulan Juni

ini adalah ringkasan materi pengajian bulanan yang baru lalu ..🙂
semoga bermanfaat buat kita semua. Aminn

Pengajian bulanan kali ini membahas tentang iman kepada Rasul Allah, yang merupakan lanjutan pembahasan-pembahasan bulan-bulan terdahulu yang menyangkut rukun-rukun iman. Sebelumnya juga membahas dan menjelaskan percaya kepada malaikat.
Iman kepada malaikat adalah bagian dari Rukun Iman, Iman kepada malaikat maksudnya adalah meyakini adanya malaikat,
Malaikat di ciptakan Allah SWT dari cahaya sehingga dapat berubah bentuk.. Dan hamba Allah yang paling taat yang kerjanya ibadah, mereka tidak pernah berdosa, perantara Allah sang pencipta dengan manusia, menyampaikan sesuatu yang pasti benar, mereka tidak di beri hawa nafsu tidak pernah membangkang atas apa yang Allah perintahkan.
Sepuluh jumlah malaikat yang wajib kita ketahui, tidak ada yang mengetahui berapa jumlah malaikat kecuali Allah.

Penjelasan tentang iman kepada Rasul-rasul Allah
Iman kepada Rasul Allah meyakini adanya Rasul utusan Allah. Setiap muslim wajib menyakini para Rasul Allah dan kafir apabila tidak menyakini Rasul Allah. Allah mengutus para rasul dari golongan manusia kepada manusia dan untuk manusia, Allah mengutus para Rasul untuk memberikan petunjuk yang benar dan mana yang salah. Apa yang harus di kerjakan dan apa yang harus di jauhkan dan di tinggalkan. Sampai ke surga petunjuk yang di bawa para nabi dan rasul.Rasul menyampaikan risalah/pesan dari Allah dengan terperinci. Serta Ilmu para nabi dan rasul diwariskan kepada para ulama.

Perbedaan dan persamaan nabi dan rasul
Semua nabi dan rasul terjaga dari dosa besar dan kecil. Nabi dan rasul di pilih dari golongan manusia pilihan, laki-laki yang bebas atau bukan budak. Nabi menerima wahyu untuk dirinya sendiri dan kaumnya. Sedangkan rasul menerima wahyu untuk di sampaikan kepada orang lain atau seluruh manusia.

Jumlah nabi dan rasulPara nabi berjumlah 124000 sedangkan para rasul 313 namun yang wajib kita ketahui hanya 25 para nabi dan rasul. betapa banyaknya jumlah nabi dan rasul sebelum Nabi Muhammad SAW sebagai penutup para nabi dan rasul
25 nabi dan rasul yang wajib kita ketahui :Nabi Adam as, Nabi Idris as, Nabi Nuh as, Nabi Huud as, Nabi Shaleh as, Nabi Ibrahim as, Nabi Ismail as, Nabi Luth as, Nabi Ishaq as, Nabi Ya’qub as, Nabi Yusuf as, Nabi Syu’aib as, Nabi Ayyub as, Nabi Dzulkifli as, Nabi Musa as, Nabi Harun as, Nabi Daud as, Nabi Sulaiman as, Nabi Ilyas as, Nabi Ilyasa as, Nabi Yunus as, Nabi Zakaria as, Nabi Yahya as, Nabi Isa as, Nabi Muhammad saw

Tugas dan fungsi para rasul
1. Memberi petunjuk yang benar dan salah.
2. Menyempurnakan kehidupan manusia dari lahir, baligh sampai
meninggal. dan tata cara mengenai kehidupan di dunia serta
memberi suri tauladan yang baik.
3. Para nabi dan rasul memiliki kekuatan atau mukjizat sebagai
pembuktian sebagai rasul utusan Allah
4. Memberi peringatan kepada manusia

Rasul manusia pilihan

Para rasul mereka dari golongan laki-laki bebas, bukan budak tidak berpenyakit/kekurangan yang buruk, dengan kondisi sempurna. Dari keturunan yang baik. Dan sangat mulia serta ma’shum oleh Allah SWT.
Mereka di lahirkan dari orang tua yang baik dan keturunan yang baik.Sebagai contoh : nabi Muhammad SAW, di lahirkan dari silsilah keturunan yang baik. Ayahnya bernama Abdullah yang artinya Hamba Allah. Ibunya Aminah yang artinya orang yang dapat di percaya. Dan wanita yang menyusui nabi, halimah artinya lemah lembut. Mereka semua sudah disiapkan oleh Allah sebelum nabi lahir ke dunia.
Ketika nabi masih kecil nabi Muhammad di belah dadanya oleh jibril di bersihkan dengan air zam-zam sehingga nabi Muhammad suci bersih mulia.
Ketika masih kecil nabi Muhammad di ajak ke kota sham. Seorang pendeta melihat awan menaungi nabi di terik panasnya matahari.

Sifat-sifat nabi dan rasul

SiddiqSiddiq berarti benar, perkataan dan perbuatan.
Amanah Amanah artinya terpercaya atau dapat dipercaya.
Fathanah Fathonah adalah cerdas, pandai atau pintar.
Tabligh Tabligh adalah menyampaikan wahtu atau risalah dari Allah SWT kepada orang lain..

Mukjizat para nabi dan rasul

Allah menyuruh nabi Nuh membuat bahtera/perahu yang besar di gurun. Kaum nabi Nuh menggangap nabi Nuh itu gila. karena mereka tidak percaya nabi Nuh dan apa yang di sampaikan nabi bahwa akan ada banjir yang besar melebihi gunung. Sehingga mereka terkena azab banjir besar dari Allah.
Masa nabi Musa adalah masa ilmu magic atau sihir. sehingga Allah memberikan mukjizatnya melalui tongkat nabi Musa berubah menjadi ular yang sangat besar memakan ular-ular penyihir-penyihir firaun. Dan melalui tongkat itu nabi Musa bisa membelah lautan.

Nabi Ibrahim adalah bapak para nabi. ia tidak mempan di bakar api yang besar dan panas oleh raja namrud. Ia berdoa kepada Allah. Seketika itu jibril turun dengan cepat sehingga api itu menjadi dingin.
Nabi Muhammad SAW di berikan oleh Allah mukjizat Al-qur’an. Nabi Muhammad Bisa membelah bulan menjadi 2 sebagai pembuktian kepada orang-orang kafir. Dan mengucurnya air dari sela-sela jari nabi Muhammad ketika tidak ada air.
Mukjizat sebagai pembuktian, keyakinan. Kita sebagai umat islam saat ini sangat mulia apabila kita menyakini Rasul Allah dan agama yang di bawa Rasulullah SAW. Karena kita tidak hidup di masa para nabi dan rasul, kita tidak melihat masa rasul-rasul Allah dengan kehebatan mukjizatnya. Tapi kita menyakini bahwa mereka rasul Allah dan Rasulullah SAW.
Kita wajib menghormati para nabi, kita bisa berziarah ke tempat-tempat para nabi, makam-makam para nabi dan rasul. Dan mencontoh para nabi dan rasul.

Demikianlah sedikit ilmu yang dapat kami sampaikan kepada saudara-saudaraku.. Semoga bermanfaat. Mohon maaf apabila ada kesalahan.
Jazakumullahu khairan katsiran.
والسّلام عليكم ورحمة الله وبركاتة

Pemuda Remaja Islam Masjid Almustaqim — PRISMA —
Sumber >> — PRISMA —

Sekretariat:
Jl. Mampang Prapatan II
Jakarta Selatan 12790
email: prismamampang@gmail.com
website: http://prisma-site.blogspot.com/


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: