Oleh: abenksuka | Mei 30, 2011

JS – Lulus SMA

lulus lulus lulus lulus lulus …

4 anak muda yang baru saja melihat hasil pengumuman kelulusan disekolah berjalan begitu gembira ketika mereka semua dinyatakan lulus dari SMA Wali Murid. Mereka mencoret-coret seragam yang mereka pakai dengan pilox dan spidol sampai seragam tersebut berwarna-warni dengan coretan coretan mereka ..
Mereka ber-empat pun merayakan kelulusan mereka dengan kumpul” diwarung es kelapa langganan mereka, sambil bercerita banyak tentang apa” saja yang pernah mereka lalui bersama di sekolah.

mereka adalah Jonny,Panjul,Germo dan Jojo, 4 sahabat yang telah mengenal satu sama lain sejak dari masa SMP hingga lulus SMA. Mereka selalu berangkat dan pulang sekolah bersama. Dan kebetulan rumah mereka pun jaraknya juga saling berdekatan.
Siang itu sambil minum es kelapa, Jonny ngomong “eh loe pade mau kemane nih abis ini? pada mau kerja atau kuliah?”. Ketiga teman’a dengan kompak bilang “gue pada kuliah jonn.. kalo loe?”. Jonny dengan wajah agak sedikit memelas menjawab “gak tau dah mau ngapain, bonyok gue gak punya duit buat kuliahin gue”. “mau kerja juga belom tau mau kerja apaan” sambung jonny.

Dari ketiga temannya, keluarga Jonny memang termasuk yang kurang mampu. Ayahnya hanya bekerja sebagai supir angkot sementara ibunya berjualan kue dipasar. Dia pun memiliki 3 orang adik yang semuanya masih duduk di sekolah dasar. Walaupun kehidupan mereka sulit, namun Jonny adalah anak yang tak pernah menyerah.
Dia sering bekerja serabutan hanya untuk meringankan beban orang tuanya. Hal inilah yang membuat orang tua dan teman-temannya bangga pada Jonny.

Selepas bercerita-cerita, mereka pun pulang kerumah dengan perasaan senang dan bahagia telah menyelesaikan masa sekolahnya. Ditengah jalan Jonny berpisah dengan ketiga temannya karena walaupun berdekatan namun arah rumahnya berbeda dari yg lain.
“assalamualaikum” jonny memberi salam pada ibunya yang kebetulan telah pulang dari pasar. “gimana nak hasilnya, lulus atau tidak?” tanya Ibunya agak sedikit cemas melihat raut wajah Jonny yang agak lesu. Jonny langsung memeluk ibunya seraya berkata “Jonny lulus bu.. Jonny lulus ..”. Ibunya yang agak sedikit kaget pun berucap syukur mendengar usahanya mendidik Jonny tak sia-sia hingga ia bisa menyelesaikan masa sekolahnya. “Bapakmu pasti senang mendengar kamu telah lulus nak..”. Tanpa terasa airmata ibunya pun telah menetes membasahi pipi. Sambil terus memeluk ibunya jonny berkata “ini berkat doa Ibu yang terus berdoa demi kelulusan jonny” “terima kasih banyak ya bu” ucap jonny dengan penuh rasa haru mengingat perjuangan yang dilakukan kedua orang tuanya.

Sementara dirumah Panjul, dirinya juga telah memberitahu kedua orang tuanya prihal hasil pengumuman ujian nasional. “alhamdulillah kamu lulus ya, kamu memang anak mama” puji ibunya panjul. Tak lama berselang pun Ibunya mengirim sms pada ayahnya yang sedang berada dikantor mengenai kelulusan anaknya. Berbeda dengan Jonny, Panjul memang berasal dari keluarga yang mampu. Dia memiliki hampir semua yang dimau. Dirumah Germo dan Jojo pun demikian, kedua orang tuanya begitu senang mendengar anak mereka telah lulus dan menyelesaikan masa sekolahnya.

Telepon rumah Jonny berdering, dan selang berapa detik wajah ceria Jonny tiba-tiba berubah tanpa ekspresi ..
ternyata ..


Responses

  1. Ternyata?

  2. good


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: