Oleh: abenksuka | Mei 18, 2011

Definisi Jurnalistik

berikut ini adalah definisi-definisi jurnalistik menurut pakar-pakar komunikasi >>

• Fraser Bond dalam bukunya, “An introduction to Journalism,” terbitan tahun 1961, mengatakan: Jurnalistik adalah segala bentuk yang membuat berita dan ulasan mengenai berita agar sampai pada kelompok pemerhati.
– Pendapat Saya: Kurang setuju karena ulasan mengenai berita tidak hanya untuk klompok-klompok pemerhati tapi juga untuk seluruh lapisan masyarakat pemerhati.

• Roland E. Wolseley dalam bukunya Understanding Magazines, “terbitan tahun 1969, menyebut: Jurnalistik adalah pengumpulan, penulisan, penafsiran, pemrosesan dan penyebaran informasi umum, pendapat pemerhati, hiburan umum secara sistematik dan dapat dipercaya untuk diterbitkan pada SK, majalah dan disiarkan stasiun siaran.
– Pendapat Saya: Setuju karena untuk membuat berita jurnalistik membutuhkan proses seperti pengumpulan, penulisan, penafsiran dan di dalam berita tersebut juga terdapat suatu informasi.

• Adinegoro dalam buku: “Hukum Komunikasi Jurnalistik,” karya M. Djen Amar terbitan tahun 1984, mengatakan: Jurnalistik adalah semacam kepandaian mengarang yang pokoknya memberikan pekabaran pada masyarakat dengan selekas-lekas’a agar tersiar luas.
– Pendapat Saya: Tidak setuju karena menurut saya karya jurnalistik haruslah merupakan karya yang benar-benar terjadi tanpa ada rekayasa walaupun sedikit.

• Astrid Susanto dalam bukunya: ,”Komunikasi massa,” terbitan tahun 1986, menyebutkan: dalam Jurnalistik adalah kegiatan pencatatan dan atau pelaporan serta penyebaran tentang kegiatan sehari-hari.
– Pendapat Saya: Menurut saya jurnalistik bukan merupakan suatu kegiatan tapi lebih ke suatu kejadian yang kadang-kadang tidak dapat di prediksi kapan terjadinya.

• Onong Uchjana Effendy dalam bukunya: “Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi,” terbitan tahun 1993 menyebutkan, Jurnalistik adalah teknik mengelola berita mulai dari mendapatkan bahan sampai menyebarluaskannya kepada masyarakat.
– Pendapat Saya: Setuju karena berita-berita yang akan d sebar luaskan kepada masyarakat harus di kelola terlebih dahulu agar masyarakat bisa mendapatkan berita yang sesuai dengan apa yang mereka cari.

• Djen Amar bukunya: “Hukum komunikasi Jurnalistik,” terbitan tahun 1984 mengatakan: Jurnalistik adalah kegiatan mengumpulkan, mengolah dan menyebarkan berita kepada khalayak seluas-luasnya dengan secepat-cepatnya.
– Pendapat Saya: Setuju karena selain harus diolah lebih dahulu, sebuah berita harus di terbitkan dengan cepat agar tidak menjadi basi.

• Erik Hodgins, redaktur majalah Time seperti yang dikutip Kustadi Suhandang dalam bukunya: Pengantar Jurnalistik, Seputar Organisasi, Produk dan Kode Etik, terbitan tahun 2004, mengatakan : Jurnalistik adalah pengiriman informasi dari sini ke sana dengan benar, seksama dan cepat dalam rangka membela kebenaran dan keadilan berfikir yang selalu dapat dibuktikan.
– Pendapat Saya: Harus lebih di jelaskan lagi informasi yang dibuat di tujukan kepada siapa.

• Kustadi Suhandang dalam buku yang sama mengatakan, Jurnalistik adalah seni dan atau keterampilan mencari, mengumpulkan, mengolah, menyusun, dan menyajikan berita tentang pristiwa yang terjadi sehari-hari secara indah, dalam rangka memenuhi segala kebutuhan hati nurani khalayaknya.
– Pendapat Saya: sangat setuju.

• Drs. A.S. Haris Sumadiria, M.Si, dalam bukunya, jurnalistik Indonesia, Menulis berita dan feature, panduan Praktis Jurnalis professional, Simbiosa Rekatama Media, Bandung, 2005, merumuskan definisi jurnalistik sebagai: Kegiatan menyiapkan, mencari, mengumpulkan, mengolah, menyajikan, dan menyebarkan berita melalui media berkala kepada khalayak seluas-luasnya dengan secepat-cepatnya.
– Pendapat Saya: Definisi ini tidak jauh berbeda dengan definisi yang sudah ada, namum menurut saya ini merupakan definisi yang paling tepat

Dan Definisi Jurnalistik menurut saya peribadi adalah: Kegiatan mencari berita yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari untuk di sampaikan kepada masyarakat melalui media seperti Surat kabar, Majalah dll.

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: